Blog

WhatsApp Image 2021-06-05 at 15.38.20

Hidroponik adalah suatu sistem budidaya menanam dengan cara atau memanfaatkan air tanpa memakai tanah dangan mengutamakan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Kebutuhan air hidroponik lebih sedikit dibandingkan kebutuhan air pada budidaya menggunakan tanah. Hidroponik air yang lebih efisien, dan sangat cocok diterapkan di daerah yang mempunyai pasokan air yang terbatas.

Budidaya tanaman sayur melalui sistem hidroponik banyak diminati oleh mahasiswa akhir-akhir ini. Namun begitu, untuk saat ini media hidroponik yang ada di kampus Faperta Unilak masih sebatas untuk kebutuhan pembelajaran dan pelatihan kepada mahasiswa. Melalui lembaga atau Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPK2) Fakultas Pertanian, mahasiswa yang tergabung dari 2 prodi Agroteknologi dan Agribisnis dapat berkecimpung langsung bercocok tanam dengan media hidroponik.

Panen sayuran pokcoy oleh mahasiswa Faperta Unilak dengan media Hidroponik

Tanaman sayur yang biasanya di budidayakan dengan sistem hidroponik diantaranya adalah selada, kangkung, bayam, pokcoy, caisim dan seledri. Adapun hasil panen yang diperoleh dengan sistem hidroponik ini akan dipasarkan kepada dosen dan pegawai yang berada di lingkungan Universitas Lancang Kuning. Keuntungan dari hasil panen ini akan dikelola secara profesional oleh UPK2 Faperta Unilak yang digawangi oleh Ibu Dra. Seprita Lidar, M.Si.

Dengan adanya budidaya tanaman melalui sistem hidroponik ini diharapkan kedepannya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengembangkan teknologi dan pengetahuan sebagai bahan Tugas Akhir mereka nantinya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: