Blog

vonny-2

Beberapa waktu lalu, dua orang dosen dari Prodi THP Faperta Unilak yakni Dr. Vonny Indah Sari, S.TP., M.P dan Anna Anggraini, S.TP., M.Si telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan sirup nenas. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2023 di SMKS Islam Inayah Ujung Batu dengan para peserta melipiti siswa/i dan para guru Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) kelas XII. Sebanyak 20 peserta dengan siswa-siswi Jurusan TPHP SMK Inayah Ujung Batu mengikuti kegiatan ini.

Dr. Vonny Indah Sari, S.TP., M.P sedang memberikan penjelasan dan penyuluhan kepada siswa SMKS Islam Inayah, Ujung Batu, Riau.

Sebagaimana kita ketahui, Buah nanas (Ananas comosus L. Merr) merupakan salah satu jenis keanekaragaman hayati yang berpotensi meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Tanaman nanas merupakan tanaman yang umum di Indonesia. Riau merupakan salah satu daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Komponen  terbesar  dalam  kulit  nanas  adalah  air  (86,7%)  dan  karbohidrat (10,54%). Karbohidrat  terbagi  menjadi  tiga  yaitu  :  monosakarida  (glukosa  dan fruktosa),  disakarida  (sukrosa,  maltosa  dan  laktosa)  dan  polisakarida  (amilum, glikogen  dan  selulosa). Adanya kandungan gula dan karbohidrat yang cukup tinggi selain pada buah, terkandung juga pada kulit nanas. Hal ini dapat dijadikan pengolahan lebih lanjut dari kulit nanas, sehingga dengan sentuhan teknologi dan inovasi kulit nanas dapat diubah menjadi produk pangan olahan yang bernilai ekonomi dan ramah lingkungan.

Gambar Produk Sirup Kulit Nenas Setelah Dikemas ke dalam Botol, Hasil dari kegiatan Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini maka akan ada peningkatan pengetahuan melalui pelatihan pemanfaatan kulit nanas sebagai bahan pembuatan syrup serta lebih lanjut dapat diperjual belikan bahkan dijadikan peluang usaha. Saat ditanya tim kami kepada beberapa siswa, mereka sangat antusian dan menyambut baik kegiatan ini serta dari hasil tanya jawab selama kegiatan ini memberi manfaat dan dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam hal mengolah dan memanfaatkan limbah kulit nanas yang selama ini terbuang menjadi produk yang lebih bermanfaat karena dapat dijadikan produk yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis. Adapun peningkatan pengetahuan pemanfaatan limbah kulit nanas menjadi sirup dapat meningkatkan kompetensi siswa Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan akan dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha apabila mereka telah lulus nanti.

Leave a Reply

%d bloggers like this: