Blog

Kopi-Liberica

Sebagai seorang akademisi tentunya penelitian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas rutin bagi tenaga pendidik (Dosen). Banyak hal menarik yang dapat diangkat untuk dijadikan judul sebuah penelitian, seperti penelitaian tim dosen Faperta ini dengan judul ” Pemasaran Kopi Liberika Meranti di Desa Kedaburapat (Kabupaten Kepulauan Meranti Propinsi Riau) dengan Aplikasi Berbasis Android”.

Penelitian yang diketuai oleh Dekan Fakutas Pertanian Bapak Dr. Ir. Dedi Zargustin, M.Si dengan anggota Ir. Latifa Siswati, M.P dan Desma Harmaidi, SE., M.Si. merupakan penelitian yang sumber dana nya berasal dari APBU (Anggaran Pendapatan Belanja Universitas Lancang Kuning. Sedangkan lokasi peneltian berada di desa Kedaburapat Kabupaten Kepulauan Meranti.

Tim Dosen Peneliti sedang memamerkan produk kopi liberika andalan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan petani/produsen kopi liberika dalam memasarkan produk kopinya hingga keluar Kabupaten yang berbasis android (Digital Marketing). Pemasaran kopi di Kabupaten Kepualaun Meranti terutama bagi para petani/produsen kopi saat ini mengalami kendala dalam pemasaran dikarenakan dampak pandemik yaitu Covid19. Sebelumnya pemasaran kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti hanya melalui titipan produk dari warung ke warung. Penelitian kali ini akan membuat aplikasi berbasis android yang tentu akan lebih memudahkan lagi para petani/produsen kopi dalam menjual kopi dan juga mempermudah pembeli dalam mencari produk kopi. Dengan aplikasi berbasis android pembeli cukup menginstal aplikasi tersebut di smartphone, sehingga informasi-informasi terbaru tentang kopi akan didapat secara realtime dan jangkauan pemasaran akan lebih luas.

Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu masyarakat desa Kedabuarapat, Kabupaten Kepulauan Meranti dalam memasarkan produk kopi liberika-nya tidak hanya di wilayah propinsi Riau saja, tetapi juga menjangkau wilayah di luar propinsi Riau, ungkap Dr. Ir. Dedi Zargustin, M.Si.

Leave a Reply

%d bloggers like this: