Blog

pengabdian bu uut2

Dalam rangka menunaikan Tri Darma Perguruan Tinggi, beberapa Tenaga Pendidik yang berhome-base di Fakultas Pertanian Unilak telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Ponpes Darul Mukhlisin Palas. Ditemui di ruang kerjanya Bu Sri Utami Lestari, S.P., M.Si mengatakan bahwa Pondok Pesantren Darul Mukhlisin sangat berpotensi dijadikan objek untuk lokasi pengabdiannya. Hal ini dikarenakan Ponpes tersebut memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan tempat budidaya tanaman pangan dan lainnya.

Selaku ketua dalam pengabdian ini, Bu Sri Utami juga membawa dua orang rekan tenaga pendidik lainya yaitu Dr. Indra Purnama, M.Sc dan Dra. Seprita Lidar, M.Si. Bu Sri Utami Lestari, S.P., M.Si juga menjelaskan latar belakang permasalahan yang di angkat dalam pengabdian ini adalah Ponpes Darul Mukhlisin ini tidak membebani biaya makan dan biaya pendidikan dari para santri, sehingga untuk memenuhi kebutuhan makan santri mereka melakukan swadaya pangan dengan budidaya tanaman yang dikembangkan melalui peningkatan kemandirian pangan..

Strategi untuk mewujudkan kemandirian pangan adalah pengembangan penganekaragam pangan melalui budidaya tanaman. Terkait permasalahan mitra maka dibutuhkan solusi pemecahan masalahnya antara lain : memberikan pembekalan ketrampilan mitra tentang budidaya tanaman , Mengolah lahan tidak produktif menjadi lahan produktif untuk budidaya tanaman.  Metode pelaksanaan meliputi pembekalan materi dan praktek budidaya tanaman pertanian, pendampingan. Untuk keberlanjutan program ini  tim PKM akan melakukan Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan program.

Kegiatan pengolahan lahan oleh para santri Darul Mukhlisin, Palas didampingi oleh Ibu Sri Utami Lestari, S.P., M.Si

Dengan dilakukannya Pengabdian Masyarakat ini diharapkan dapat membantu dan memberi banyak manfaat untuk keberlangsungan Pondok Pesantren Darul Mukhlisin dan para santri yang sedang menuntut ilmu di sana.

Leave a Reply

%d bloggers like this: