Pengumuman /FAPERTA Unilak
1  Senin,18 Januari 2016
Pembayaran SPP Semester Genap 2015/2016
4  Selasa,19 Mei 2015
PEMBAYARAN OPERASIONAL FAKULTAS
  STATISTIK /FAPERTA Unilak
  • Dikunjungi oleh : 80513 user
  • IP address : 54.224.158.232
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning
VISI & MISI DAN TUJUAN PRODI AGRIBISNIS

-Visi Prodi Agribisnis:

Program Studi Agribisnis mempunyai visi yang selalu menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa yang berwawasan lingkungan dan berbasis budaya melayu.

Visi Program Studi yang baru adalah :

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang unggul  dalam bidang agribisnis berlandaskan budaya melayu.

Misi :

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang memiliki keunggulan mutu dan berkelanjutan di bidang agribisnis dengan berbasis budaya melayu
  2. Melaksanakan upaya peningkatan sumber daya manusia melalui peningkatan daya saing di bidang agribisnis dalam penyelenggaraan pendidikan yang berbasis budaya melayu
  3. Mengupayakan terobosan bidang agribisnis yang efisien sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan yang berwawasan lingkungan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berbasis budaya melayu

 

Misi yang baru :

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di bidang ilmu agribisnis berskala nasional
  2. Melakukan penelitian dalam rangka menumbuh kembangkan Ipteks bidang ilmu agribisnis
  3. Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Rangka Menyebarluaskan IPTEKS bidang ilmu Agribisnis
  4. Menjalin kemitraan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan

Tujuan Umum:

menghasilkan sarjana agribisnis yang memahami konsep-konsep ekonomi pertanian dengan titik berat pembangunan pertanian dan pengelola agribisnis yang berwawasan lingkungan  dan berbasis budaya melayu.

Tujuan Khusus:

  1. Meningkatkan pengertian tentang proses, tahapan dan faktor-faktor yang dibutuhkan dalam pembangunan pertanian seperti teknologi, pasar, permodalan, manajemen dll.
  2. Meningkatkan pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil suatu badan usaha agribisnis beserta cara-cara pengolahan agar berhasil guna dan berdaya guna
  3. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknik evaluasi program proyek pembangunan pertanian

Tujuan Program Studi Agribisnis yang baru

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, menguasai IPTEKS di bidang ilmu agribisnis, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menghasilkan inovasi IPTEKS bidang ilmu agribisnis untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
  3. Menyampaikan IPTEKS bidang ilmu agribisnis sebagai wujud pengabdian masyarakat.

Sasaran Program Studi Agribisnis adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang tepat waktu yaitu 4 tahun atau 8 semester dan IPK lulusan 3,0 > 90% dengan masa tunggu bekerja ≤ 1 tahun.
  2. Terlaksananya proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan program studi
  3. Tercapainya jumlah dan mutu dosen sesuai dengan kompetensi dan jenjang pendidikan yang proporsional
  4. Menjalin kerjasama dengan membangun jejaring ilmiah dengan instansi pemerintah dan swasta di tingkat lokal, regional maupun nasional minimal 2 kali pertahun

Sasaran dan Strategi/Upaya Pencapaian Program Studi Agribisnis

Sasaran

Strategi/Upaya Pencapaian

  1. Menghasilkan lulusan yang tepat waktu (4 tahun/8 semester) dan IPK rata-rata 3,0  > 90% dengan masa tunggu bekerja ≤ I tahun

 

  1. Menyiapkan kurikulum sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Peningkatan intensitas pembimbingan oleh dosen baik kegiatan akademik maupun non akademik
  3. Pelibatan lebih banyak mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen yang dapat dijadikan sebagai tugas akhir (skripsi).
  4. Pelibatan lebih banyak mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen.
  5. Menyelenggarakan pelatihan dalam rangka meningkatkan hard skill maupun soft skill
  6. Memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dan lulusan terbaik
  1. Terlaksananya proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan program studi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Menyiapkan RPKPS (Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester), Penuntun Praktikum dan kontrak perkuliahan untuk setiap mata kuliah yang disampaikan kepada mahasiswa pada awal perkuliahan.
  2. Menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang pencapaian kompetensi dosen dan lulusan yang sesuai dengan tujuan program studi
  3. Menyelenggarakan evaluasi proses belajar mengajar melalui UTS, UAS dan tugas mandiri
  4. Melakukan evaluasi akademik secara menyeluruh setiap semester
  5. Menyampaikan batas akhir penyerahan nilai.
  1. Tercapainya jumlah dan mutu dosen sesuai dengan kompetensi bidang ilmu dan jenjang pendidikan yang proporsional
  1. Meningkatkan jumlah dosen sesuai dengan kompetensi dan tujuan program studi melalui rekrutmen dosen kontrak dan usulan pengangkatan dosen baru.
  2. Memfasilitasi peningkatan kualitas dosen melalui peningkatan jenjang pendidikan, pelatihan, mengikuti forum ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Merangsang dosen untuk membuat buku ajar
  4. Merumuskan Rencana Induk Penelitian (RIP)
  5. Pengalokasian anggaran kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Meningkatkan jejaring kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  
  1. Menjalin kerjasama dengan membangun jejaring ilmiah dengan instansi pemerintah dan swasta di tingkat lokal, regional  maupun nasional minimal 2 kali pertahun (Kuliah umum, Field Trip, pelatihan dll.)

 

  1. Memfasilitasi dan meningkatkan  kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik di tingkat lokal, regional maupun  nasional
  2. Menyiapkan promotion kit  program studi (company profile, leaflet dan perlengkapan lain)
  3. Membantu pendanaan dalam inisiasi kerjasama dan penyusunan proposal
  4. Mengembangkan website program studi sebagai media promosi dan kerjasama